Berita Dunia Islam Terdepan

2010, Rusia Luncurkan 7 Satelit Navigasi

0 1

MOSKOW (Arrahmah.com) – Tahun ini, Rusia akan menggeber peluncuran satelit navigasinya secara berturut-turut. Tidak tanggung-tanggung, tujuh satelit akan diluncurkan bertahap dalam kurun satu tahun ini.

“Sampai akhir tahun ini kami berencana untuk menyelesaikan peluncuran tujuh satelit baru sehingga jumlah total operasional satelit yang kami miliki mencapai 28,” ujar Perdana Menteri Rusia Vladimir Putin, seperti dikutip melalui AFP, Rabu (7/4).

Nantinya, lanjut Putin, 28 satelit tersebut, yang kerap disebut dengan Global Navigation Satellite System (Glonass) akan memberikan informasi navigasi dan kebutuhan informasi data satelit lainnya yang dibutuhkan Rusia dan dunia.

“Glonass akan meng-cover seluruh planet yang ada di bumi ini,” tandas Putin.

Rusia diketahui telah menginvestasikan dana sekira USD58 juta untuk mengembangkan sistem navigasi satelit tersebut pada tahun depan. Angka ini menggenapkan pengeluaran dua tahun sebelumnya, masing-masing mencapai ratusan juta dolar.

Glonass sendiri merupakan proyek inisiatif Rusia untuk kepentingan militernya yang dihelat sejak tahun 1980. Glonass saat ini difokuskan untuk mengalahkan performa satelit Global Positioning System (GPS) milik Amerika Serikat (AS). Jika berhasil menumbangkan GPS, Glonass juga akan menghadapi kompetisi dengan satelit Galileo milik Eropa. (okz/arrahmah.com)

Baca artikel lainnya...