Berita Dunia Islam Terdepan

Tentara Uni Eropa Akan Melatih Tentara Somalia Tuk Hadapi Al-Shabaab

0 1

MOGADISHU (Arrahmah.com) – Tentara Uni Eropa telah siap untuk melakukan misinya di Somalia, mereka mengklaim bahwa tujuan mereka datang ke Somalia adalah untuk melatih tentara Somalia dalam menghadapi perlawanan mujahidin Al-Shabaab.

Misi pelatihan ini dinamakan ‘EUTM’ dan dipimpin oleh Spanyol, dengan jumlah tentara pelatih sekitar 100 orang ditambah belasan staf tambahan.

Jerman dan Perancis telah siap untuk menyediakan tentaranya bergabung dalam misi tersebut, Inggris nampaknya juga tertarik untuk berpastisipasi.

EUTM rencanya akan melatih sekitar 2.000 tentara Somalia yang juga bekerjasama dengan PBB, Uni Afrika dan Amerika Serikat.

Mereka akan memulai misinya pada 7 April mendatang, Uganda menjadi pusat pelatihan dimana beberapa tentara Somalia telah berada di sana.

Tujuan misi Uni Eropa adalah memperkuat pemerintahan transisi Somalia dari goncangan Al-Shabaab.  Seperti diketahui, Mujahidin Al-Shabaab telah mengontrol sebagian besar wilayah Somalia di selatan dan pusat, lebih banyak dari yang dikontrol oleh pemerintah Somalia.  Mujahidin Al-Shabaab berjuang menumbangkan pemerintahan kufur untuk menggantinya dengan pemerintahan yang menerapkan hukum Islam secara kaffah.

Perjuangan Al-shabaab membuat negara-negara Barat mulai gerah.  Mereka mulai campur tangan dengan memberikan dukungan kepada pemerintah transisi Somalia di bawah Sharif Ahmed.  Amerika serikat baru-baru ini berencana memberikan dukungan dengan mengirimkan Predator kebanggaan mereka untuk “menumpas” Al-Shabaab, dan kini Uni Eropa akan mengirimkan tentaranya untuk melatih tentara Somalia. (haninmazaya/ptv/arrahmah.com)

Baca artikel lainnya...