Berita Dunia Islam Terdepan

Di China, Kecanduan Internet Jadi Nama Penyakit

0 0

BEIJING (Arrahmah.com) – Kecanduan internet yang terjadi pada para remaja di China sudah dalam tahap mengkhawatirkan. Saking parahnya dan harus mendapatkan penanganan serius, kecanduan internet akan segera masuk dalam daftar nama penyakit di negeri Tirai Bambu tersebut.

Rencana untuk memasukkan kecanduan internet dalam daftar nama penyakit itu dikemukakan oleh Kementerian Kesehatan China yang tengah melakukan studi mengenai kecanduan internet.

“Riset ini akan diberi nama ‘pathological Internet use‘ (penyakit penggunaan internet),” kata Direktur  Guangzhou Baiyun Psychological Institute, Shen Jiahong, seperti dikutip dari China Daily, Senin (29/3).

Berdasarkan keterangan dari kepala tim pencegahan kenakalan remaja di Guangdong, Deng Weilong, sekira 50 persen remaja nakal di wilayah selatan China kerap tercatat kerap menggunakan internet secara reguler.

China merupakan negara dengan populasi pengguna internet terbesar di dunia. Data terbaru yang dirilis pemerintah China, jumlah pengguna internet di negeri mereka saat ini  telah mencapai 300 juta orang.

Saking tergila-gilanya dalam menggunakan internet, fenomena kecanduan internet di China terus melonjak dan semakin parah. Fenomena ini terutama terjadi di kalangan anak muda yang berusaha lari dari pengawasan orangtua dan keluarga.

Begitu parahnya fenomena ini, hingga memunculkan sekira 200 organisasi, baik independen maupun pemerintah, yang menawarkan terapi psikologis bagi mereka yang sudah mengalami kecanduan internet sangat parah.  (okz/arrahmah.com)

Baca artikel lainnya...