Berita Dunia Islam Terdepan

AS Berjanji Rangkul Asia-Pasifik Sebaik Mungkin

0 1

WASHINGTON (Arrahmah.com) – AS mengeluarkan kebijakannya untuk kawasan Asia-Pasifik yang berisi di antaranya adalah memastikan negaranya bertindak sebagaimana halnya ia adalah bagian dari negara setempat melalui penguatan aliansi, membangun kemitraan baru, dan meningkatkan kapasitas organisasi multilateral, kata Asisten Menteri Luar Negeri AS Kurt Campbell pada hari Rabu (3/3).

“Asia-Pasifik merupakan wilayah vital dan penting bagi Amerika Serikat dan jelas bahwa negara-negara di kawasan ini menginginkan kami mempertahankan keberadaan kami. Kebijakan kami akan memastikan bahwa Amerika Serikat bertindak sebagai kekuatan penduduk setempat dan bukan hanya sebagai pengunjung, karena apa yang terjadi di wilayah ini memiliki dampak langsung terhadap keamanan dan kesejahteraan ekonomi kami,” bual Campbell dalam sidang Dewan Komite Luar Negeri.

Menurut Campbell, tantangan global yang paling signifikan, seperti perubahan iklim, proliferasi senjata pemusnah massal, dan merebaknya kemiskinan kemungkinan besar akan menjadi semakin akut di wilayah Asia dalam beberapa dekade mendatang, Dan hal itulah yang menjadi dalih agar Amerika Serikat memainkan peran utama dengan memperkuat dan memperluas aliansinya, membangun kemitraan baru, dan meningkatkan kapasitas organisasi multilateral. (althaf/xnh/arrahmah.com)

Baca artikel lainnya...