Berita Dunia Islam Terdepan

AS Akan Pasok 1000 Peti Bom Ke Pakistan

0 0

WASHINGTON (Arrahmah.com) – Angkatan Udara Amerika Serikat berencana untuk mengirimkan 1.000 peti bom laser ke Pakistan bulan ini untuk membantu Islamabad dalam melancarkan serangan terhadap mujahidin Taliban di perbatasan Afghanistan, juru bicara Angkatan Udara AS mengatakan pada hari Selasa (2/3).

Angkatan Udara AS saat ini tengah menyiapkan pengiriman bom tersebut setelah mengirimkan 1.000 peti bom MK-82 pada militer Pakistan bulan lalu, kata Letnan Kolonel Jeffry Glenn kepada AFP.

Bantuan militer AS ini menekankan bahwa Washington berperan besar dalam mendukung Pakistan yang telah berbulan-bulan melancarkan operasi melawan Taliban dan Al-Qaidah.

“Angkatan udara Pakistan sangat memainkan peran besar dalam operasi terhadap kaum ekstrimis,” kata Sekretaris Angkatan Udara Michael Donley.

“Bersamaan dengan dilancarkannya operasi tersebut, mereka (Pakistan) mencari cara untuk meningkatkan kemampuan mereka,” lanjut Donley.

Kepala angkatan udara Pakistan telah mengunjungi Washington tahun lalu dan meminta AS menambah bantuan militer, katanya.

Donley mengatakan Pentagon telah mengatur, pengiriman kilat bom MK-82, yang berat per unitnya 500 pon.

Amerika Serikat pun menambah 18 unit pesawat tempur F-16 ke Pakistan pada bulan Juni, yang telah dilengkapi dengan peralatan pemantau yang bisa digunakan saat malam hari, ungkap Glenn.

Konfirmasi kesepakatan senjata ini dilakukan saat Pakistan pada Selasa mengklaim menemukan tempat pertahanan Taliban dan Al-Qaidah terbesar di pegunungan dekat perbatasan Afghanistan. (althaf/afp/arrahmah.com)

Baca artikel lainnya...