Berita Dunia Islam Terdepan

Pengaruh Taliban Meningkat, Pemimpin Militer AS “Kebingungan”

0 1

WASHINGTON (arrahmah.com) – Petinggi militer AS pada Selasa (2/2) mendesak kongres AS untuk menerima proposal penambahan biaya milyaran dollar yang dibutuhkan untuk perang Afghanistan, dia memperingatkan pengaruh Taliban meningkat di berbagai wilayah di negeri tersebut.

Mike Mullen mengatakan bahwa “tanpa dukungan dari kalian, kami tidak akan mampu menunjukkan hasil terbaik di Afghanistan, penduduk Amerika sangat berharap dan penduduk Afghan benar-benar membutuhkannya,” klaim Mullen.

Ia memperingatkan bahwa Taliban (Imarah Islam Afghanistan-red) mulai meningkatkan pengaruhnya di sebagian besar provinsi di Afghanistan dan di wilayah perbatasan antara Afghanistan dan Pakistan.

Presiden AS, Barack Obama meminta kongres untuk menyetujui penambahan biaya perang sebesar 33 milyar dollar untuk membiayai pengiriman tentara tambahan ke Afghanistan ditahun ini.

Strategi terbaru Obama salah satunya adalah penambahan pasukan sebanyak 30.000 personil, dan hampir 4.500 personil telah disebarkan i Afghanistan.

Ia mengatakan bahwa seluruh tentara tambahan tersebut akan secepatnya dikirim sebelum musim panas tahun ini.

“Saat ini, Taliban yakin bahwa mereka telah menang,” ujar Mullen.

Namun ia melanjutkan, dalam 18 bulan ke depan “jika kami melaksanakan seluruh strategi kami, kami akan tahu bahwa mereka tidak akan menang, mereka tidak akan mampu,” sesumbarnya.

Ia telah memperkirakan bahwa 18 bulan ke depan tentaranya akan menghadapi masa-masa kritis, akan ada lebih banyak pertumpahan darah dan penderitaan.

Komentarnya datang setelah NATO mengeluarkan statemen bahwa dalam perang di Afghanistan, selama bulan januari lalu, sebanyak 44 tentaranya tewas, jauh lebih tinggi jika dibandingkan dengan januari tahun 2009. (haninmazaya/malaysianmirror/arrahmah.com)

Baca artikel lainnya...