Berita Dunia Islam Terdepan

Mullen : Tahun Depan Menjadi Masa Kritis Untuk Afghanistan

0 2

WASHINGTON (Arrahmah.com) – Mike Mullen mengatakan pada Selasa (2/2) bahwa 12 sampai 18 bulan ke depan akan menjadi saat-saat kritis dalam memerangi Taliban di Afghanistan.

Tidak hanya itu, Mike Mullen juga mengatakan kepada Komite Senat Militer : “Masa depan keamanan akan sangat mengkhawatirkan jika kita tidak mampu memenangkan perang ini.”

Ia menambahkan, “Hasil dari konflik ini akan mempengaruhi keamanan global untuk beberapa dekade mendatang.”

Mullen dan Robert Gates sama-sama meminta penambahan dana sekitar 192 milyar dollar AS untuk perang Irak dan Afghanistan untuk satu setengah tahun mendatang.  33 milyar diantaranya akan digunakan untuk membiayai penambahan tentara sebanyak 30.000 ke Afghanistan.

“Menghantam balik Taliban saat ini adalah hal terpenting, walaupun jika tidak cukup untuk menghabisi Al-Qaeda dan sekutunya yang beroperasi di sepanjang perbatasan Afghanistan-Pakistan,” ujar Gates dihadapan anggota senat.

Strategi Obama akan sukses jika kita bekerjasama, Gates menambahkan.

Senator Carl Levin mengatakan saat ini NATO harus berkontribusi lebih banyak, memberikan lebih banyak tentara untuk melatih tentara Afghan dan pejabat Pentagon harus membuka mata terhadap wilayah lain yang dirambah “teroris”.

“Kita sama-sama mengetahui bahwa Al-Qaeda mulai menunjukkan diri di Yaman dan Somalia,” ujarnya.  “Namun kita juga harus meyakini langkah kita menuju Afrika Barat dan Pasifik Selatan untuk menjegal Al-Qaeda.” (haninmazaya/AP/arrahmah.com)

Baca artikel lainnya...
Comments
Loading...