Berita Dunia Islam Terdepan

Al-Shabaab Bergabung Dengan Kelompok Jihad Internasional, Al-Qaeda

0 2

MOGADISHU (Arrahmah.com) – Kelompok jihad ternama di Somalia, Shabaab al-Mujahidin yang biasa disebut dengan Al-Shabaab mengumumkan pada Senin (1/2) bahwa kelompoknya bergabung dengan organisasi yang dipimpin oleh Syaikh Usamah bin Ladin.

“Kami setuju untuk bergabung dengan kelompok jihad internasional, Al-Qaeda,” ujar Al-Shabaab dalam sebuah statemen yang dipublikasikan oleh Reuters.

Sebuah kelompok perlawanan kecil di Somalia, Ras Kamboni di hari yang sama juga menyatakan menyatukan diri dengan Al-Shabaab.

“Kami setuju untuk bersatu dengan Al-Shabaab dan akan membawa seluruh mujahid kami untuk menyatukan diri,” ujar sebuah statemen.

Kelompok Ras Kamboni merupakan kelompok perlawanan lokal yang berada di bawah payung Hizb al-Islam, sebuah kelompok yang bersekutu dengan Al-Shabaab dan dipimpin oleh Syaikh Hassan Dahir Aweys.

Ras Kamboni sendiri dipimpin oleh Hassan Turki, yang memegang peranan penting di kota pelabuhan, kismayo.

Hassan Turki dituduh oleh AS merupakan figur yang membiayai gerakan “terorisme”.

Al-Shabaab juga mengumumkan akan meluaskan medan jihad mereka hingga ke negara tetangga.

“Kami menyetukan diri untuk membebaskan Timur dan komunitas Afrika dari kaki para minoritas kristiani.”

“Kami menyatukan diri untuk memperkuat militer, ekonomi dan politik para mujahid agar mampu menghentikan perang yang dibuat oleh Kristiani yang menginvasi tanah kami,” lanjut statemen tersebut.

Ini adalah pertama kalinya Al-Shabaab mendeklarasikan persekutuannya dengan Al-Qaeda. (haninmazaya/IOL/arrahmah.com)

Baca artikel lainnya...
Comments
Loading...