Berita Dunia Islam Terdepan

Kazakhstan Blokir 14 Situs Internet

0 4

ALMATY (Arrahmah.com) – Pemerintah Kazakhstan dilaporkan telah memblokir sekira 14 situs internet sejak beberapa pekan lalu. Hal itu terungkap dalam laporan Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) kazakhtan yang aktif dalam mengawasi kebebasan di dunia maya.

Speronews, Jumat (29/1) melansir pengguna internet di negara pecahan Uni Soviet tersebut kesulitan untuk mengakses situs-situs tertentu. Kebanyakan situs yang diblokir merupakan situs oposisi pemerintah.

Berdasarkan laporan itu, juga terungkap bahwa penyedia jasa internet Kazakhtan terbesar, KazTeleCom berperan besar dalam pemblokiran tersebut.

Situs-situs yang diblokir antara lain WordPress, Blogger dan Live Journal serta googlerussiablog.blogspot.com. Sedangkan untuk situs media di antaranya, inkar.info (Inkar Radio), kub.info (Kazakh Universal Blog), kplus-tv.net (K+ TV), geokz.tv, eurasia.org.ru dan kahar.biz.

Sebelumnya, pemblokiran internet kian marak di sejumlah negara. China tercatat sebagai negara yang paling sering melakukan pemblokiran situs internet.

Departemen Kementerian Kebudayaan China bersikap keras terhadap situs-situs yang mempromosikan kekerasan, penggunaan obat-obatan adiktif, seksualitas serta hal negatif lain yang bertentangan dengan nilai moral dan budaya masyarakat China akan diblokir. (okz/arrahmah.com)

Baca artikel lainnya...
Comments
Loading...