Berita Dunia Islam Terdepan

Kini Jerman Yang Akan Tambah Tentara ke Afghanistan

0 1

BERLIN (Arrahmah.com) – Jerman berencana memperkuat pertahanan di Afghanistan dengan mengirimkan tentara tambahan sebanyak 500 tentara, Selasa (26/1).

Saat ini tentara Jerman yang berada di Afghanistan berjumlah 4.300 tentara, jumlah terbesar ketiga setelah AS dan Inggris.

Penambahan tentara ini membutuhkan persetujuan parlemen dan parlemen Jerman akan mendiskusikannya hari ini (27/1).

Rencana ini dibuat dua hari sebelum diadakannya konferensi internasional di London yang membicarakan “masa depan” Afghanistan.

Penyebaran tentara tambahan ini akan dilakukan secara bergelombang, 350 tentara disebar di Afghanistan dengan batasan waktu yang jelas.

Fokus tentara Jerman kali ini adalah untuk memberikan pelatihan terhadap tentara Afghanistan dan “melindungi” sipil.

Mrs. Angela Merkel, kanselir Jerman mengatakan akan memberikan 50 juta euro pada penggalangan dana internasional yang akan digunakan untuk memenangkan hati para moderat Afghanistan, angka ini mungkin bisa bertambah.

Jerman bersama negara-negara yang tergabung dalam NATO telah meningkatkan komitemen mereka untuk Afghanistan, dimana AS telah menyatakan siap mengirimkan 30.000 tentara tambahan untuk membawa “stabilitas” di negeri muslim tersebut.

Mrs. Merkel mengatakan, “Aku pikir jika Jerman berencana memberikan pelatihan seornag tentara untuk tiga tentara atau polisi di Afghanistan, ini akan lebih efektif.”

Mrs. Merkel tidak membeberkan tanggal pasti keberangkatan para tentara tambahan ke Afghanistan namun ia mengatakan Jerman mungkin akan mengakhiri misinya di Afghanistan pada 2014 mendatang.

Berbeda dengan statemen Merkel, Menteri Luar Negeri Jerman, Guido Westerwelle mengatakan, “Kami akan mulai mengurangi tentara kami pada 2011 mendatang dan penarikan mundur seluruh tentara pada 2014.” (haninmazaya/bbc/arrahmah.com)

Baca artikel lainnya...
Comments
Loading...