Berita Dunia Islam Terdepan

Jepang Hentikan Bantuannya Untuk Tentara AS

0 2

TOKYO (Arrahmah.com) – Pemerintah Jepang secara mengejutkan menghentikan bantuannya untuk tentara AS dalam misinya di Afghanistan yang telah diberikan selama kurang lebih sembilan tahun.

Laporan mengatakan Menteri Pertahanan Jepang, Tishimi Kitazawar memerintahkan seluruh kapal dan ratusan personilnya kembali ke rumah setelah sembilan tahun membantu AS memberikan suplai minyak yang digunakan oleh tentaranya dalam perang Afghanistan.

Kitazawar juga mengeluarkan perintah resmi untuk mengakhiri operasi pengisian bahan bakar di Samudra Hindia, Jumat (15/1).

Laporan menambahkan telah lebih dari 500.000 liter minyak diberikan Jepang kepada 12 negara yang bergabung dalam NATO seperti Inggris, Perancis dan AS.  Menteri Pertahan mengatakan uang yang telah mereka keluarkan lebih dari 26 juta dollar.

Pemerintah baru Jepang menentang solusi militer di Afghanistan, mereka akan memberikan bantuan kemanusiaan untuk Afghanistan.

“Saya memerintahkan bahwa hari ini, pada tengah malam, misi pengisian bahan bakar AL Jepang akan berakhir, dan mereka akan kembali pulang,” kata Menteri Pertahanan Jepang Toshimi Kitazawar kepada para wartawan. (haninmazaya/ptv/arrahmah.com)

Baca artikel lainnya...