Berita Dunia Islam Terdepan

Aftenposten Kembali Cetak Kartun Sentimen Kurt Westergaard

0 7

OSLO (Arrahmah.com) – Surat kabar Norwegia, Aftenposten, merilis ulang kartun kontroversial Nabi Muhammad SAW yang oleh Kurt Westergaard, kartunis yang hampir jadi korban percobaan pembunuhan pekan lalu.

Dalam sebuah artikel mengenai Westergaard, harian itu mencetak kembali enam dari dari 12 gambar kartunis Denmark yang membuat umat Islam di seluruh dunia marah ketika surat kabar Denmark Jyllands-Posten pertama kali menerbitkannya tahun 2005.

Beberapa gambar-gambar tersebut dipandang menghubungkan Islam dan Nabi Muhammad SAW yang mengajarkan aksi ‘terorisme’ dan bom bunuh diri (gambaran yang diperburuk oleh media barat), dan terdapat satu kartun yang menunjukkan Nabi Muhammad dengan topi berbentuk bom.

Pada 2 Januari, seorang pemuda berusia 28 tahun membawa sebilah kapak dan mencoba memasuki rumah Westergaard sambil berteriak untuk membalas dendam. Namun, polisi telanjur menemukannya, menembak dan menangkapnya.

Mengacu pada kasus penyerangan di Denmark tersebut, editor Aftenposten, Haugsgjerd Hilde, mengatakan bahwa menurutnya penerbitan kembali hasil karya yang sifatnya artistik merupakan suatu hal yang wajar dan hal itu adalah tugas para pekerja jurnalistik untuk mempropagandakan penyebab kekerasan ini yang terjadi di berbagai belahan bumi.

Sebetulnya pada tahun 2005, Aftenposten menerbitkan salinan kartun tersebut tetapi tidak bergabung dengan surat kabar di banyak negara lain ketika saat mereka mencetak ulang kartun pelecehan tersebut pada tahun 2006, dengan dalih kebebasan berekspresi.

Kemarahan pun meledak di seluruh dunia Muslim, puluhan orang tewas dan kerusakan besar terjadi di kedutaan Denmark dan fasilitas lainnya. (althaf/theaust/arrahmah.com)

Baca artikel lainnya...