Berita Dunia Islam Terdepan

Rumah Kartunis Yang Melecehkan Nabi Muhammad SAW Hampir Dibobol

0 5

KOPENHAGEN (Arrahmah.com) – Seorang pria Somalia 27 tahun yang membawa senjata kapak, tertangkap saat mencoba masuk ke rumah pembuat kartun Nabi Muhammad SAW, Kurt Westergaard, Jumat (1/1) jam 10 malam waktu setempat, kata polisi.

Polisi menembak orang itu di kakinya dan menahannya.

Westergaard (74) adalah salah satu dari 12 kartunis yang ditugaskan oleh surat kabar Jyllands-Posten untuk menghasilkan karikatur Nabi Muhammad SAW lima tahun yang lalu.

Kartun Westergaard terlihat pada saat itu sebagai gambar yang paling kontroversial, sebagai contoh menggambarkan Nabi Muhammad SAW dengan bom di sorbannya.

Kartun itu menyebabkan muslim seluruh dunia meradang, meningkatkan sentimen anti-Denmark dan anti-Barat.

Persoalan kartun itu marak mulai bulan September 2005 ketika editor rubrik budaya Jyllands-Posten, Flemming Rose, menugaskan pembuatan gambar satir sebagai bagian dari diskusi kebebasan berpendapat.

Pada bulan Januari 2006, setelah pihak Jyllands-Posten dan pemerintah Denmark menolak tuntutan muslim untuk minta maaf, gelombang kekerasan terjadi, beberapa kedutaan Denmark telah dibakar, pemboikotan terhadap barang-barang Denmark di seluruh dunia Muslim, dan marak pula demonstrasi anti-Denmark, terutama di Pakistan dan Afghanistan. Beberapa demonstran tewas dalam insiden saat ‘pasukan keamanan’ berusaha mengendalikan protes. (althaf/tlgrf/arrahmah.com)

Baca artikel lainnya...
Comments
Loading...