Berita Dunia Islam Terdepan

Pakistan Minta AS Tak Tergesa-gesa Tinggalkan Afghanistan

0 0

ISLAMABAD (Arrahmah.com) – Pakistan memperingatkan koalisi pasukan yang ada di bawah pimpinan Amerika Serikat pada hari Kamis (31/12) agar tidak tergesa-gesa melakukan penarikan mundur pasukannya dari Afghanistan. Islamabad mengungkapkan kekhawatirannya mengenai ketidakstabilan yang akan makin meningkat di wilayah perbatasan yang dijadikan tempat perlindungan oleh mujahidin.

“Keputusan untuk meninggalkan Afganistan seharusnya diambil saat Afghanistan mampu menjaga diri secara efektif,” juru bicara kementerian luar negeri Pakistan, Abdul Basit, mengatakan dalam konferensi pers.

“Pasukan koalisi jangan tergesa-gesa meninggalkan Afganistan,” kata Basit.

Islamabad juga khawatir bahwa rencana Obama untuk mengirim lebih 30.000 tentara Amerika ke Afghanistan mungkin akan menyebabkan banyak ‘militan’ melarikan diri ke perbatasan barat laut dan selatan Pakistan yang selalu bermasalah.

Menurut Pakistan banyaknya anggota Taliban dan Al-Qaidah yang memasuki perbatasan terjadi setelah invasi Amerika mengusir Taliban dari Afghanistan pada tahun 2001 dan hal itulah yang dinilai Pakistan sebagai penyebab memburuknya kondisi keamanan secara drastis dalam delapan tahun terakhir. (althaf/afp/arrahmah.com)

Baca artikel lainnya...
Comments
Loading...