Bukan Masalah Keamanan, Obama Tunda Kunjungi Indonesia

0 4

JAKARTA (Arrahmah.com) –  Presiden Amerika Serikat Barack Obama dipastikan tidak jadi berkunjung ke Indonesia pada 12 November 2009 nanti. Obama baru akan ke Indonesia pada 2010 mendatang. Namun kapan persisnya belum ditetapkan.

“Bukan…tidak ada masalah keamanan,” kata Dino saat ditanya apakah penundaan terkait dengan peristiwa pengeboman dua hotel berbintang di Jakarta beberapa bulan lalu ataupun ancaman terorisme.

Ia menjelaskan bahwa kedua belah pihak telah membahas berbagai opsi terkait waktu kunjungan Presiden Obama ke Indonesia.

Menurut Dino, kedua belah pihak tidak menginginkan suatu kunjungan yang terburu-buru mengingat Presiden Obama pernah melewatkan masa kecil di Indonesia sehingga disepakati waktu kunjungan tahun depan pada tanggal yang akan ditetapkan kemudian.

Menurut Juru Bicara Kepresidenan Bidang Hubungan Internasional, Dino Patti Djalal, disela pertemuan KTT G-20 di Pittsburgh, Amerika Serikat pada 25 September 2009 lalu, Presiden barack Obama sempat bertemu dengan Presiden SBY.

Dalam pertemuan itu, keduanya membicarakan soal rencana kunjungan Obama ke Indonesia. Kedua pemimpin sepakat kunjungan tersebut sangat penting untuk memproyeksikan hubungan bilateral Amerika Serikat dengan Indonesia.

“Setelah membahas berbagai opsi, kedua pemimpin setuju bahwa waktu yang terbaik untuk melakukan kunjungan tersebut tahun depan (2010) pada tanggal yang akan ditetapkan besarama oleh kedua belah pihak,” kata Dino di Kantor Presiden, Rabu 7 Oktober 2009.

Dino memastikan pembatalan kunjungan Obama tahun ini tidak ada kaitannya dengan isu keamanan atau terorisme.” Ini hanya masalah waktu saja, sama sekali tidak ada kaitannya dengan terorisme maupun keamanan. Kalau dipaksakan pertemuan bulan November kan terlalu cepat. Seperti datang ke Indonesia, pertemuan bilateral kemudian makan lalu pulang itu kan terlalu cepat,” kata dia.

Indonesia berharap Obama bisa berkunjung ke Indonesia lebih lama lagi. Pemerintah ingin kunjungan tersebut menjadi sejarah dan istimewa. “Waktu persis belum diketahui, masih ada pembicaraan intens antara pemerintah RI dengan pihak Gedung Putih,” kata Dino.

Sebelumnya sekalipun belum ada pernyataan resmi, telah tersiar kabar bahwa Presiden Obama akan ke Indonesia pada November 2009, seusai mengikuti pertemuan APEC di Singapura.

“Memang benar perlu waktu yang tepat. karena kunjungan ini harus spesial dan produktif mengingat Presiden Obama pernah menghabiskan masa kecilnya di sini,” ujarnya.

Barack Obama yang memenangkan pemilihan umum AS tahun lalu dan merupakan presiden keturunan kulit hitam pertama tersebut pernah menghabiskan masa kecil di Indonesia karena berayahtirikan seorang WNI.

Presiden Susilo Bambang Yudhoyono dan Obama telah melakukan beberapa kali pertemuan di sela-sela sejumlah pertemuan internasional yang melibatkan kedua negara. (srmd/arrahmah.com)

Baca artikel lainnya...

Leave A Reply

Your email address will not be published.