Portal Deplu Telan Biaya Rp 1,9 Miliar

0 3

JAKARTA (Arrahmah.com) – Departemen Luar Negeri meluncurkan portal Deplu yang diperbarui. Portal itu memuat fitur layanan pengaduan dan lapor diri secara online bagi WNI di luar negeri.

“WNI bisa melaporkan keberadaan dirinya di luar negeri secara online. Jika menemui masalah mereka bisa mengakses portal dan operator langsung menghubungkan dengan unit Deplu bersangkutan,” kata Direktur Jendral Informasi dan Media Deplu, Suharjono Sastrowiharjo, di Jakarta, Selasa (6/10).

Ditemui dalam acara peluncuran portal Deplu yang baru, Suharjono menjelaskan situs Deplu akan membawahi seluruh situs perwakilan Indonesia di luar negeri.

“Website 119 perwakilan Indonesia akan terintegrasi dengan portal Deplu. Hingga saat ini baru 10 website perwakilan Indonesia yang tersambung ke portal Deplu. Diharapkan perwakilan lain segera bergabung dalam waktu dekat,” kata Suharjono.

Untuk proyek pembangunan portal baru ini, kata Suharjono, Deplu mengeluarkan anggaran sekitar Rp 1,9 miliar.

Beberapa perwakilan Indonesia di luar negeri yang sudah bergabung ke situs Deplu antara lain Kedutaan Besar Indonesia di Wellington (New Zealand) dan Perwakilan Tetap Indonesia di Genewa (Swiss).

Website perwakilan Indonesia lain yang terintegrasi dengan portal Deplu yakni KBRI Kairo, Konsulat Jendral Indonesia di Los Angeles, KBRI di Pretoria, KBRI di Buenos Aires (Argentina), Konjen Perth dan KBRI Yangon di Myanmar.

Sementara itu, Menteri Luar Negeri Hassan Wirajuda dalam sambutannya pada peluncuran portal terbaru Deplu menyatakan era informasi teknologi yang sangat cepat saat ini menuntut Deplu untuk memberikan informasi sesegera mungkin pada masyarakat.

Rumor negatif yang terlanjur berkembang di masyarakat, kata Menlu, bisa cepat dinetralisir melalui penjelasan lewat portal yang bisa diakses masyarakat secara online.

“Portal Deplu diharapkan dapat memberi informasi yang lebih cepat dan akurat pada masyarakat baik di Indonesia maupun di seluruh dunia mengenai kegiaan dan kebijakan Deplu,” kata Menteri Luar Negeri, Hassan Wirajuda, di Jakarta, Selasa (6/10).

Dalam acara peluncuran tersebut, Menlu berkesempatan untuk melakukan percakapan telekonferensi dengan Duta Besar Indonesia untuk Korea Selatan dan Duta Besar Indonesia untuk New Zealand.

Menlu menyampaikan selamat atas bergabungnya website KBRI Seoul dan KBRI Wellington ke portal Deplu. (inilah/arrahmah.com)

Baca artikel lainnya...

Leave A Reply

Your email address will not be published.