McKeon: Obama Cenderung Tidak Akan Kirim Pasukan Tambahan Ke Afghanistan

0 8

WASHINGTON (Arrahmah.com) – Presiden Amerika Serikat Barack Obama menegaskan bahwa pihaknya tidak akan mengirimkan pasukan tempur tambahan ke Afghanistan, kata salah seorang anggota parlemen dari kubu Republik.

Dalam komentar ditolak oleh Pentagon, Buck McKeon dari Komite Angkatan Bersenjata kubu Republik, mengatakan kepada sebuah surat kabar bahwa pesan tersebut datang dari Menteri Pertahanan Robert Gates.

McKeon mengatakan pada Roll Call, selama perjalanan ke Afghanistan pada Juli lalu Gates menyatakan Obama tidak akan mengirim lebih banyak pasukan tempur di sana sebagai bagian dari strategi untuk memenangkan peperangan yang terjadi selama hampir delapan tahun.

Juru bicara Gates, Geoff Morrell, meragukan komentar tersebut dan mengatakan, “Kami tidak percaya bahwa beliau (Gates) pernah mengatakan kepadanya – atau siapa pun dalam hal ini – bahwa Presiden Obama segan untuk mengirim pasukan ke Afghanistan.”

“Presiden telah mengindikasikan bahwa ia sangat terbuka tentang masalah ini,” kata Morrell.

McKeon mengatakan bahwa menurut Gates Obama telah memberi petunjuk pada komandan militer Amerika di Afghanistan, Jenderal Stanley McChrystal dan David Petraeus, untuk tidak meminta terlalu banyak meminta tambahan pasukan.

Namun, lanjut McKeon, saat McChrystal ditanya apakah ia akan meminta pasukan dengan jumlah yang lebih sedikit daripada yang ia butuhkan, McChrystal menjawab, “Tidak, saya berhak untuk meminta apa yang saya butuhkan.”

“Itu juga, bukanlah sesuatu yang datang dari presiden,” tepis Morrell.

Kantor McKeon tidak memberikan tanggapannya sejauh ini. (althaf/afp/arrahmah.com)

Baca artikel lainnya...

Leave A Reply

Your email address will not be published.