Berita Dunia Islam Terdepan

Smartphone Diprediksi Kalahkan Penjualan PC

0 2

LONDON (Arrahmah.com) – Pertumbuhan penjualan ponsel cerdas yang semakin cepat, membuat pertumbuhan peranti tersebut kian tak terbendung. Diprediksi penjualan smartphone akan melampaui personal computer (PC) pada akhir 2011 nanti.

Analis dari RBC Mike Abramsky memprediksi, pada akhir 2011 menjadi awal kebangkitan dari komputasi yang bersifat portabel. Dia memprediksi pada tahun 2011 mendatang, pengapalan smartphone bakal mencapai 400 juta unit untuk tahun itu saja. Demikian yang diberitakan Zdnet, dan dikutip pada Senin (7/9).

Tanda-tanda penjualan PC bakal tergerus oleh ponsel cerdas sebenarnya sudah terendus sejak tahun lalu. Pasalnya, ada beberapa vendor komputer yang terjun ke segmen peranti pintar ini, untuk menggeser dominasi vendor ponsel yang sudah terlebih dahulu eksis. Adapun beberapa vendor yang merangsek ke segmen smartphone di antaranya, Asus, Dell, Acer dan Hewlett Packard (HP).

Ini belum ditambah dengan fakta pahit lainnya yang menunjukkan kalau penjualan desktop terus anjlok dari penjualan laptop sejak kuartal 3 pada tahun 2008 silam.

Sedangkan penjualan ponsel sendiri pada kuartal kedua di 2009 sukses mencapai 286,1 juta unit. Naik sebanyak 6.1 persen dari kuartal yang sama di tahun sebelumnya. Untuk ponsel cerdas sendiri, penjualannya bahkan mencapai 40 juta unit di seluruh dunia, ini artinya melonjak  27 persen dari kuartal kedua pada tahun 2008.

Untuk pemimpin vendor penjualan ponsel cerdas, Abramasky masih percaya Nokia tetap memimpin, disusul secara ketat dari Research in Motion (RIM) dengan Blackberry, kemudian disusul Apple melalui iPhone. (okz/arrahmah.com)

Baca artikel lainnya...
Comments
Loading...