AS, Negara Yang Memiliki Nilai Transaksi Persenjataan Terbesar Di Seluruh Dunia

0 1

WASHINGTON (Arrahmah.com) – Amerika Serikat merupakan satu-satunya negara yang mendominasi penjualan persenjataan global selama tahun 2008, yakni lebih dari dua pertiga di antara semua transaksi peralatan perang asing.

Berdasarkan laporan yang diungkapkan oleh New York Times, Washington menandatangani transaksi persenjataan senilai $37,8 miliar pada tahun 2008, atau sekitar 68,4 persen dari semua bisnis yang terjadi di pasar senjata global, meningkat secara signifikan dari penjualan tahun lalu yang bernilai $25,4 miliar.

Meningkatnya penjualan persenjataan AS ini benar-benar melawan kecenderungan global, ungkap Times.

Sedangkan nilai penjualan persenjataan global pada tahun 2008 adalah senilai $55,2 miliar, menurun 7,6 persen dari tahun 2007 dan angka tersebut merupakan angka yang paling rendah dalam berbagai macam transaksi persenjataan internasional sejak tahun 2005.

Itali menempati urutan kedua setelah AS dengan nilai transaksi sebesar $3,7 miliar. Di tempat ketiga ada Rusia yang memiliki nilai transaksi sebesar $3,5 miliar tahun 2008, menurun dari tahun 2007 sebesar $10,8 miliar.

Laporan mengenai transaksi persenjataan global yang disampaikan dalam Kongres AS hari Jumat lalu ini diklaim merupakan survei komprehensif Congressional Research Service, salah satu divisi dalam Pusat Data Kongres AS. (althaf/prtv/arrahmah.com)

Baca artikel lainnya...

Leave A Reply

Your email address will not be published.