Berita Dunia Islam Terdepan

Korban Sangat Tinggi dalam Serangan Terbaru Tentara Kafir Philipina di Basilan

0 1

BASILAN (Arrahmah.com) – Korban tewas dilaporkan sangat tinggi dalam serangan tentara kafir Philipina (AFP) di wilayah Basilan.  Serangan yang akhirnya meletuskan pertempuran langsung antara AFP dengan MILF dan Abu Sayyaf ini terjadi di daerah Baguindan, Tipo-tipo, Basilan, kemarin (12/8).

Sekitar pukul 3.00 waktu setempat, sejumlah besar tentara AFP melakukan serangan menargetkan mujahidin Abu Sayyaf di Sitio Kurellem, Barangay Ungkaya Pukan, Basilan.

Setelah menyerang Abu Sayyaf, sekitar pukul 6.00, AFP menyerang tentara MILF di daerah yang tidak jauh dari tempat berlangsungnya pertempuran pertama dengan Abu Sayyaf.

Tiga Muslim sipil tak bersalah menjadi korban akibat tembakan-tembakan misil oleh tentara AFP.

Pertempuran berlangsung hingga malam hari.  Menurut laporan, operasi militer yang dilakukan oleh AFP melawan Abu Sayyaf dan MILF dilakukan untuk misi percobaan bagi para tentara yang baru ditraining. Otoritas Philipina ingin melihat sejauh mana kemampuan mereka.

Menurut statemen MILF, sembilan pejuang mereka gugur dalam pertempuran kali ini, empat lainnya mengalami luka-luka.  Di kubu AFP, korban tewas dan terluka mencapai 50 orang. Namun MILF tidak dapat memastikan berapa korban gugur di kubu Abu Sayyaf.  Menurut pemberitaan yang beredar, 10 pejuang Abu Sayyaf gugur.

Serangan ini dilakukan disaat otoritas Philipina menyatakan akan melakukan gencatan senjata terhadap MILF yang diumumkan beberapa waktu lalu. (haninmazaya/lwrn/arrahmah.com)

Baca artikel lainnya...