Berita Dunia Islam Terdepan

Gates : Perang di Afghanistan Butuh Waktu “Beberapa” Tahun Lagi (?)

0 0

WASHINGTON (Arrahmah.com) – Pentagon mengeluarkan potret buram perang di Afghanistan, Kamis (13/8), dengan tidak menawarkan jaminan apapun tentang berapa lama lagi AS harus menghabiskan waktu di sana atau berapa banyak lagi tentara yang dibutuhkan untuk membawa “kemenangan”.

“Memerangi Taliban dan Al-Qaeda akan membutuhkan waktu “beberapa” tahun lagi,” sesumbar Robert Gates.  Ia mengakui bahwa Taliban benar-benar melaksanakan ancamannya dengan menyerang tempat-tempat vital keamanan AS.

“Dalam bisnis intelijen, kami selalu menggunakan dua kategori informasi, rahasia dan misteri,” ujar Gates, mantan direktur CIA, berkata dalam sebuah konferensi pers di Pentagon.

Ia menambahkan, “misteri adalah dimana kami memprediksikan banyak kemungkinan.  Dan aku pikir berapa lama lagi tentara AS akan berada di Afghanistan menjadi salah satu yang diprediksikan.”

Dengan adanya sekitar 62.000 tentara AS di Afghanistan, dan 6.000 lainnya yang siap dikirimkan ke negeri muslim tersebut, Gates tidak mengharapkan Washington akan mengirimkan tambahan tentara lagi.

Ia mengatakan, komandan AS di Afghanistan, Jenderal Stanley McChrystal bebas meminta apapun yang ia butuhkan, namun Gates menambahkan bukan permintaan penambahan tentara.

Hal tersebut kemungkinan dikarenakan perekonomian AS yang semakin memburuk dan tidak adanya lagi cadangan dana dari kas negara untuk membiayai perang di Afghanistan. (haninmazaya/arrahmah.com)

Baca artikel lainnya...