Berita Dunia Islam Terdepan

Bill Gates Biayai Kondom

0 1

JAKARTA (Arrahmah.com) – Ilmuwan di Utah University berhasil mengembangkan kondom molekular. Kondom berbentuk gel itu mengental jika berhubungan dengan sperma, menjebak virus AIDS dalam ukuran mikroskopik.

“Karena faktor budaya dan sosial ekonomi, wanita sering kali tidak bisa memakai pelindung,” kata Julie Jay peneliti di University of Utah.

Oleh karena itu Jay dan koleganya mengembangkan gel anti-HIV yang digunakan oleh wanita sebelum melakukan hubungan. “Gel itu akan memiliki pH seperti alat kelamin wanita, dan akan mengental jika pH sama dengan sperma,” terang Jay.

Tim di Utah University itu baru saja mendapat hibah US$100 ribu dari Yayasan Bill and Melinda Gates . Dengan dana itu, ilmuwan bisa melanjutkan penelitiannya.

“Kami berhasil mengembangkan teknologi yang bisa melindungi wanita terhadap HIV tanpa perlu persetujuan dari pasangannya,” kata Patrick Kiser, professor rekayasa biologi di Utah.

“Hal ini penting karena di wilayah miskin seperti di sub-Sahara Africa dan Asia selatan di beberapa kelompok umur 60% wanita telah terjangkit HIV. Dalam kasus seperti itu, wanita sering kali tidak berdaya untuk menekan pasangannya agar menggunakan kondom,” katanya. (althaf/arrahmah.com)

Baca artikel lainnya...