Berita Dunia Islam Terdepan

Awas, iPhone Bisa Dibajak Cukup dengan SMS

0 2

JAKARTA (Arrahmah.com) – Hati-hati, peneliti keamanan di AS telah mengungkapkan sebuah kelemahan di ponsel Apple iPhone. Cukup dengan sebuah SMS, iPhone milik pengguna manapun bisa dibajak pihak tak bertanggungjawab.

Kelemahan itu diungkapkan oleh Charlie Miller dan Collin Mulliner, peneliti keamanan komputer dalam konferensi Black Hat di Las Vegas, Amerika Serikat. Demikian seperti dikutip detikINET dari Forbes, Jumat (31/7).

SMS yang bisa membobol iPhone itu hanya berisi satu karakter kotak saja. Jika pengguna menerima SMS seperti itu disarankan untuk segera mematikan iPhone-nya karena jika tidak, semua informasi di dalamnya bisa diambilalih.

Bukan hanya mencuri informasi, kelemahan yang diungkapkan Miller dan Mulliner itu konon memungkinkan siapapun untuk mengambilalih iPhone milik pengguna. Ini termasuk menjalankan fungsi kamera, mikrofon dan meneruskan SMS berbahaya itu.

“Ini serius. Satu-satunya hal yang bisa Anda lakukan untuk mencegahnya adalah mematikan iPhone Anda. Seseorang bisa dengan cepat mengambilalih semua iPhone di dunia dengan ini,” klaim Miller kepada Forbes.

Miller dan Mulliner mengaku telah memberitahukan kelemahan ini pada Apple sejak lebih dari satu bulan yang lalu. Namun Apple disebutkan belum juga mengeluarkan patch yang bisa mengatasinya.

Kelemahan serupa juga bisa dimanfaatkan pada ponsel dengan sistem operasi Android. Bedanya, Google telah merilis patch untuk menutup kelemahan itu setelah diberitahu oleh Miller dan Mulliner. (detikINET/arrahmah.com)

Baca artikel lainnya...