Berita Dunia Islam Terdepan

AMD Hadirkan Athlon II X2 245

0 2

JAKARTA (Arrahmah.com) – Advanced Micro Devices telah menambahkan jajaran prosesor desktop barunya di seri Athlon dual core. Seperti diketahui, prosesor di jajaran ini merupakan produk kelas menengah yang dapat menjalankan aplikasi komputer umum dan memainkan game.

Athlon II X2 245 dan 240 merupakan CPU yang terjangkau. Dari keterangan pers pada Rabu (22/7), AMD menyebutkan bahwa prosesor tersebut akan dilepas di kisaran harga 66 dan 60 dolar AS.

Seri pertama akan dirilis pada kecepatan 2,9GHz, sementara produk kedua memiliki kecepatan 2,8GHz. Baik seri 245 ataupun 240 memiliki L2 Cache yang sama yakni 2MB dan menyedot daya listrik maksimal yang sama yakni 65 watt saja. Kedua prosesor juga dibuat dalam proses manufaktur 45 nanometer.

“Sesuai situasi dan kondisi ekonomi seperti saat ini, pengguna mencari komputer yang memiliki harga paling tepat,” kata juru bicara AMD. “Meski begitu tentunya tanpa mengorbankan performa yang mereka inginkan untuk memenuhi kebutuhan digital mereka.”

Seperti diketahui, jajaran prosesor AMD tersedia mulai dari versi single core, dual core, triple core, dan quad core menggunakan merek Phenom dan Athlon.

Adapun Athlon II X2 berbeda dengan Phenom II X2 yang merupakan Phenom II X4 dengan core dan cache yang dipangkas. Dibanding Phenom II X2, Athlon II X2 asli dibuat dual core, dan tidak memiliki L3 cache sama sekali. Meski begitu, sebagai kompensasi AMD melipatgandakan ukuran L2 cache milik Phenom II yang 512KB per core menjadi 1MB per core. (viva/arrahmah.com)

Baca artikel lainnya...