Berita Dunia Islam Terdepan

Mozilla Siap Tarik Bayaran dari Pengguna

0 1

JAKARTA (Arrahmah.com) –  Para pengembang fungsi-fungsi tambahan atau add-on pada browser Firefox bisa menagih kontribusi finansial dari pengguna melalui sebuah metode yang diluncurkan oleh Mozilla, pekan lalu.

‘The Contributions Pilot Program’ dikembangkan sebagai sarana bagi para pengembang untuk mempromosikan diri mereka bersama dengan add-ons yang mereka buat dan mendapatkan kontribusi atas hasil kerja mereka lewat PayPal. Dengan fitur kontribusi ini, pengembang juga dapat menceritakan apa yang memotivasi mereka untuk mengembangkan add-on tersebut.

“Contributions Pilot merupakan cara bagaimana kami dapat membantu ekosistem pembuat add-on kami dengan mempersilakan pengembang meminta partisipasi finansial dari pengguna yang puas dengan add-on yang mereka pakai,” kata Nick Nguyen, Director of Add-ons Mozilla, Minggu (19/7). “Sejak Firefox diluncurkan, ribuan Add-on telah dibuat untuk memperkaya fitur browser tersebut. Fitur-fitur ini contohnya seperti Twitter Clients, bookmark dan search assistant. Beberapa add-on yang ada malah banyak digunakan sebagai perangkat untuk web development,” ucapnya.

Kontribusi dari pengguna, sifatnya tetap opsional. “Tentunya tidak akan ada paksaan bagi pengguna untuk melakukan pembayaran agar mereka dapat menikmati fitur-fitur tambahan,” ucap Nguyen.

Komunitas pembuat Add-on, menurut Mozilla, merupakan sumber invoasi bagi para pengguna Firefox. Add-on memberi bayangan apa yang sebaiknya tersedia pada browser masa datang, dan sampai sebelum hadirnya program kontribusi ini, pengembang add-on hanya memiliki sedikit pilihan untuk mendapatkan dukungan finansial.

Program kontribusi ini berbeda dengan program Mozilla Jetpack. Mozilla Jetpack merupakan program yang bertujuan untuk membesarkan komunitas pengembang dengan memudahkan pengembang potensial untuk membuat peningkatan pada browser. (viva/arrahmah.com)

Baca artikel lainnya...