Berita Dunia Islam Terdepan

Tentara Ethiopia Meninggalkan Desa Yed di Selatan Somalia

0 2

YED (Arrahmah.com) – Tentara Ethiopia yang sebelumnya menduduki Desa Yed di wilayah Bakol telah meninggalkan desa tersebut pada Sabtu (18/7).

Penduduk lokal mengatakan tentara Ethiopia lengkap dengan kendaraan militer mereka yang sebelumnya memenuhi desa Yed, desa yang menjadi perbatasan antara Ethiopia dan Somalia, meninggalkan wilayah tersebut dan mengosongkan basis-basis militer mereka.

Sumber lain mengatakan tentara Ethiopia berada di salah satu bagian dari wilayah Somalia dalam usaha mendukung pemerintah transisi, melakukan operasi militer di wilayah Bay dan Bakol. Kini mereka bergerak menuju wilayah Barey yang juga masih menjadi bagian dari daratan Somalia.

Penduduk juga mengatakan tentara-tentara tersebut meninggalkan wilayah Bay dan Bakol karena perintah kepala suku yang mengancam mereka untuk segera meninggalkan tempat tersebut.

Sebelumnya terjadi perselisihan antara tentara Ethiopia dengan penduduk lokal, tentara Ethiopia menyandera seorang bocah dan sejak itu ketegangan meningkat di sana.  Penduduk lokal berhasil memukul mundur tentara Ethiopia dan kepala suku mereka memerintahkan para tentara tersebut untuk segera angkat kaki dari wilayahnya.

Terdapat laporan yang juga mengatakan, bahwa akhirnya tentara Ethiopia melepaskan bocah tersebut sesaat sebelum mereka meninggalkan desa itu. (haninmazaya/ansar/arrahmah.com)

Baca artikel lainnya...