Peneliti Kembangkan 'Pengendus' Kredibilitas Situs

0 4

MADRID (Arrahmah.com) – Begitu banyak website bermunculan di dunia maya, membahas beragam hal dari soal kesehatan, politik dan berbagai informasi lainnya. Namun sering tersembul keraguan apakah informasi yang tersaji di dalamnya dapat dipercaya.

Bahkan situs sekaliber Wikipedia sering diragukan pula keabsahan artikelnya. Nah, sebuah pusat riset teknologi yang berbasis di Austria, Know-Center pun coba membuat tool yang diklaim dapat secara cepat menentukan apakah sebuah website kredibel atau tidak.

Teknologi tersebut berjalan dengan membandingkan statistik dari entri blog atau situs dengan sumber terpercaya yang telah dinilai kredibel. Hal yang dibandingkan misalnya distribusi huruf tertentu dari waktu ke waktu

“Teknologi seperti ini harus bekerja otomatis karena tidak mungkin para user membaca seluruh blog,” kata Andreas Juffinger, salah satu pembesutnya seperti dilansir AFP pada Rabu (22/4).

Di Jepang, peneliti di Nara Institute of Science and Technology juga mengembangkan program yang dapat menyajikan secara bersamaan keterkaitan artikel di internet dalam membahas sebuah isu. Hal ini diharapkan menolong pengguna internet menentukan tingkat kredibilitas sebuah situs.

Namun sayangnya tak disebutkan apakah teknologi itu bakal dirilis secara luas untuk publik yang mungkin makin kebingungan dengan gelontoran informasi online. Sebab, jumlah situs terus meningkat pesat dari yang semula awalnya hanya sekitar 500 buah di tahun 1994. (Althaf/dtk/arrahmah.com)

Baca artikel lainnya...

Leave A Reply

Your email address will not be published.