'Wikipedia Bikin Pelajar Tidak Siap Masuk Universitas'

0 8

ONTARIO (Arrahmah.com) – Jendela ilmu pengetahuan terbuka luas di Wikipedia. Namun demikian, banyak pihak khawatir Wikipedia bikin siswa jadi malas. Dalam sebuah survei di Kanada disimpulkan, para pelajar tak cukup siap memasuki jenjang universitas karena terlalu bergantung pada Wikipedia.

Dalam survei oleh Ontario Confederation of University Faculty Association, disimpulkan para pelajar gagal belajar secara mandiri karena terlalu mengandalkan internet sebagai media riset, utamanya Wikipedia. Meski nilai mereka bagus, dikhawatirkan para siswa ini tidak punya skill yang memadai saat kuliah di universitas.

Survei ini melibatkan para profesor dan pustakawan di berbagai propinsi di Kanada. Hasilnya, 55 persen responden menyatakan para pelajar itu berkurang tingkat kesiapannya saat memasuki jenjang universitas jika dibandingkan dengan 3 tahun lampau.

Seperti dilansir OttawaCitizen, Rabu (8/4), para pengamat pendidikan berpendapat para pelajar ini tidak memiliki skill penelitian yang cukup baik. Mereka menyalahkan berbagai faktor seperti terlalu berlebihan dalam memakai internet sebagai sumber riset.

Brian Brown selaku presiden Ontario Confederation of University Faculty Associations dan profesor di University of Windsor menilai para siswa terlalu banyak mengkopi mentah-mentah materi dari internet seperti dari Wikipedia.

“Mereka mengamati apa yang ada di internet dan hanya itulah yang mereka andalkan,” tutur dia. (arrahmah/dtk)

Baca artikel lainnya...

Leave A Reply

Your email address will not be published.