Holbrook Berkelit Desak Dialog India-Pakistan

0 3

NEW DELHI (Arrahmah.com) – Utusan Khusus AS untuk Afghanistan dan Pakistan, Richard Holbrooke, kembali berkelit dari tuduhan intervensi negaranya terhadap negara lain dengan dalih pihaknya tidak bermaksud mendesak pemerintah India agar memulai lagi perundingan damai dengan Islamabad.

“Kami tidak datang ke sini untuk minta India melakukan sesuatu,” ia mengatakan pada konferensi pers bersama di New Delhi dengan Laksamana Mike Mullen, ketua kepala staf gabungan AS, Rabu (8/4).

“Kami tidak datang ke sini dengan permintaan,” kata Holbrooke, yang menambahkan bahwa kedatangan singkatnya hanya untuk “memberi informasi dan berkonsultasi dengan” para pejabat India setelah kunjungannya ke Pakistan dan Afghanistan.

Pernyataannya itu tampaknya ditujukan pada India yang khawatir bahwa Washington ingin menengahi pembicaraan antara India dan Pakistan, yang hubungan mereka dilanda ketegangan baru segera sesudah serangan Mumbai, yang dipersalahkan pada militan yang bermarkas di Pakistan.

India terutama sensitif pada usul campurtangan pihak luar dalam perselisihan teritorialnya yang telah berlangsung lama dengan Pakistan mengenai Kashmir.

Mullen menekankan, bagaimanapun kerjasama India sangat penting untuk menjaga stabilitas di Asia Selatan.

“India adalah pemain penting di kawasan ini,” kata Mullen. “Peran yang India mainkan benar-benar kritis.” (Althaf/arrahmah/ant/afp)

Baca artikel lainnya...

Leave A Reply

Your email address will not be published.