Taliban Menimpali Ucapan Obama Tentang Strateginya Di Afghanistan

0 9

AFGHANISTAN (Arrahmah.com) – Taliban, dalam rangka menimpali ucapan Presiden AS Barack Obama, memperingatkan bahwa penyebaran banyak pasukan akan menyebabkan meningkatnya serangan perlawanan.

Juru bicara Taliban Zabihullah Mujahid mengatakan pada Senin (6/4) bahwa “seiring bertambahnya angkatan perang asing, perlawanan pun akan semakin bertambah.” 

Dalam komentarnya melalui telepon dari tempat yang tidak diketahui, Mujahid menambahkan bahwa “akan ada lebih banyak kesempatan bagi Taliban untuk menyerang dan pertempuran akan berkembang.” 

Mujahid pun mengatakan satu-satunya solusi untuk situasi yang sedang terjadi di Afghanistan hanyalah kepulangan para pasukan asing yang dipimpin oleh AS-NATO dari negara yang kaya minyak tersebut.

Mujahid, yang ucapannya ditujukan terhadap kunjungan Kepala Gabungan Staff Admiral Mike Mullen, yang mengikuti pidato Obama mengenai strategi AS di Afghanistan bahwa “kampanye terhadap extremisme tidak akan berhasil dengan hanya peluru atau bom.” 

Presiden AS menyatakan strategi untuk Afganistan dan Pakistan bukan hanya meliputi janjinya untuk menyebarkan lebih banyak tentara, namun juga memberikan tekanan yang lebih luar biasa atas diplomasi, perkembangan ekonomi dan penguatan penduduk sipil.

Mullen memberi tahu wartawan di Kabul Minggu (5/4) bahwa 17.000 tentara AS lagi akan disebarkan ke Afganistan dalam minggu-minggu mendatang. (Althaf/arrahmah/ptv)

Baca artikel lainnya...

Leave A Reply

Your email address will not be published.