Berita Dunia Islam Terdepan

AS Mengganti Gaya Pertempuran Untuk Memangkas Anggaran

0 3

WASHINGTON (Arrahmah.com) – Sekretaris Pertahanan AS, Robert Gates mengumumkan satu rencana pertempuran terbaru yang menunjukkan perubahan radikal dalam konfrontasi militer AS.

Metode pertempuran terbaru sebagian terdiri dari perang tradisional yang melibatkan pendekatan dan logistik yang besar untuk berhadapan langsung dengan para militan.

Bagaimanapun, Gates tidak mengesampingkan metode peperangan utama, “Aku tidak berusaha untuk mengganti kemampuan konvensional, aku hanya mencoba mendapatkan orang-orang yang dapat duduk, berbicara dalam satu meja (perundingan damai-red),” ujarnya.

Rencana militer terbaru AS dikeluarkan pada Senin (6/4) yang bertujuan untuk meringankan beban belanja AS untuk kegiatan militer.  AS tidak lagi mampu mengeluarkan uang untuk mencukupi kebutuhan militer mereka yang selalu menggunakan teknologi canggih juga kendaraan-kendaraan militer terbaru.

Mengacu pada program militer terbaru yang diusulkan Gates, jurubicara Geoff Morrell memberi catatan, strategi tersebut membentuk kembali anggaran AS.  Ia menambahkan, “Dia (Gates) membuat sebuah strategi yang memikirkan anggaran AS…. Hasil akhirnya kami harapkan anggaran tersebut dapat lebih mencerminkan strategi prioritas yang diinginkan presiden.”

Sekretaris Pertahanan AS juga melihat besarnya anggaran yang digunakan untuk program komunikasi satelit yang mencapai 20 Milyar Dollar.

Rencana anggaran Pentagon untuk tahun 2009 maksimal 513 Milyar Dollar.

Ahli-ahli ekonomi telah memperingatkan AS untuk memperhatikan “iklim ekonomi” dalam menentukan anggaran untuk kebutuhan militer.

Belanja militer AS meningkat dua kali lipat sejak tahun 2001 di bawah otoritas presiden AS terdahulu, George W. Bush untuk dua perang berskala besar di Irak dan Afghanistan.

AS telah merencanakan banyak strategi untuk menghadapi perlawanan mujahidin Afghanistan yang dari hari ke hari semakin menunjukkan kekuatannya, namun AS harus sadar diri, bahwa ekonomi negara mereka tidak mampu menyokong mimpi-mimpi militer mereka. (Hanin Mazaya/arrahmah/bbs)

Baca artikel lainnya...
Comments
Loading...