Berita Dunia Islam Terdepan

Robot Siap Terjun di Medan Perang Afghanistan Pengganti Pasukan AS

0 1

Washington – Amerika Serikat selaku negara yang getol berperang meluncurkan robot terbarunya yang bakal diterjunkan di medan pertempuran.

Robot ‘monster’ berjuluk BigDog tersebut siap diluncurkan ke medan laga di wilayah konflik Afghanistan. Robot berwarna hitam pekat ini memang tampak mengerikan bagai hewan buas dengan empat kakinya dirancang secara khusus untuk menjelajahi medan berbahaya.

Boston Dynamics selaku pembuatnya mengklaim bahwa BigDog bisa berlari sekitar 4 mil perjam. Robot perang ini juga bisa berjalan pelan dan bahkan mendaki lereng dengan kemiringan sampai 35 derajat.

Seperti yg dilansir dari FoxNews, Selasa (24/3/2009), kaki metal BigDog dibuat dengan bentuk yang mirip kaki binatang dan bisa menyerap kejut dengan baik. Otak robot berupa komputer yang dibekali sensor sehingga diklaim dapat menyesuaikan diri secara mandiri dengan kondisi sekitar.

BigDog tampaknya tidak ditujukan untuk melakukan serangan ofensif ke pihak musuh karena tidak ada keterangan robot ini dibekali dengan senjata. Robot ini bakal dipakai untuk membawa perbekalan militer sampai seberat 150 kilogram melintasi wilayah-wilayah berbahaya ataupun untuk mengadakan pengintaian musuh. (arrahmah.com/dtk)

Baca artikel lainnya...