Berita Dunia Islam Terdepan

Hadang ‘Tangan Usil’, Wikipedia Bikin Jadwal ‘Ronda’

0 1

JAKARTA (Arrahmah.com) – Demi menjaga kualitas informasinya dari ‘tangan-tangan usil’, Wikipedia Indonesia sampai memberlakukan ronda bagi setiap pengurusnya. Sehingga kalau ada artikel yang melenceng bisa langsung ditendang, atau minimal diperbaiki.

Wikipedia selaku ensiklopedia online yang berfungsi sebagai gudangnya informasi ini memang tergolong longgar dalam melakukan filter terhadap penggunanya. Bahkan, tanpa harus login, user sudah dapat melakukan edit terhadap suatu artikel.

Hal inilah yang memaksa para pengurus Wikipedia untuk bekerja ekstra mengawasi kevalidan kumpulan artikelnya.

“Sampai kita harus membuat jadwal jaga bagi setiap pengurus,” ujar Ivan Lanin, pengurus Wikipedia Indonesia dalam konferensi pers yang berlangsung di Gedung Depkominfo Jakarta, Jumat (20/3).

Namun, lanjutnya, dengan adanya jadwal ‘ronda’ tersebut tak serta merta dapat menghilangkan seluruh artikel hasil tangan pengguna usil di situs ini. “Gak bisa dipaksain juga, soalnya kan kita cuma sukarelawan. Jadi paling bisa mengerjakannya di waktu luang kita,” jelas Ivan.

Alhasil, ditegaskannya, Wikipedia sendiri tidak bisa menjamin artikel yang ada di tempatnya itu seluruhnya akurat.

“Ada saja kan orang-orang yang berniat jelek. Selain itu kalau ada artikel yang mengundang kontrovensi juga akan langsung kita cari tahu sumbernya, minimal disebutkan darimana artikel itu berasal di bawahnya,” tandas pria yang juga menjabat Direktur Eksekutif Wikimedia Indonesia ini. (arrahmah/dtk)

Baca artikel lainnya...