Berita Dunia Islam Terdepan

Al Qaeda Disalahkan Aras Ledakan Yaman

0 4

YAMAN (Arrahmah.com) – Pihak keamanan Yaman menyalahkan pembom bunuh diri al Qaeda yang menyerang sebuah situs arkeologis di sebelah selatan Yaman dan menewaskan empat orang wisatawan Korea Selatan dan seorang pemandu wisata lokal pada Minggu (15/3) kemarin.

“Pembom bunuh diri yang terkait dengan al Qaeda yang telah menyerang dengan menggunakan sabuk peledak,” ujar salah satu pejabat keamanan.

Saba, agen berita Yaman, mengatakan pembom bunuh diri itu berusia 18 tahun.

Ledakan di tempat wisata di provinsi selatan Hadramut juga melukai tiga orang Korea Selatan lainnya. Ledakan itu terjadi ketika para wisatawan melewati kendaraan di pintu masuk ke Mahram Bilqis, kata seorang pejabat.

Sementara itu, Yaman menangkap 12 orang yang dicurigai terkait dengan ledakan. Pihak keamanan mengklaim mereka yang ditahan adalah anggota kelompok yang dikira memiliki informasi seputar pelaku serangan sebenarnya.

Belum ada kelompok yang mengaku tanggung jawab atas insiden ini. Khaled al-Hammadi, seorang wartawan di ibu kota Yaman, Sanaa, memberi tahu bahwa serangan terjadi di antara penumpasan pemerintah terhadap Al-Qaeda di negara tersebut.

“Pemerintah Yaman sudah mengadakan beberapa operasi untuk memberantas aktivitas Al-Qaeda di negara ini dengan kerjasama komunitas internasional, terutama pemerintah AS.”

“Sekarang ini ada banyak [pengadilan] persidangan dimana anggota Al-Qaeda sebagai tersangkanya,” kata pejabat itu. (Althaf/arrahmah/alj)

Baca artikel lainnya...