Berita Dunia Islam Terdepan

Kanada Mendukung Pembicaraan dengan Taliban

0 1

KANADA (Arrahmah.com) – Menteri Luar Negeri Kanada Lawrence Cannon memperlihatkan dukungan Ottawa terhadap pembicaraan dengan Taliban dalam rangka menghentikan kekacauan perang di Afghanistan.

“Jika pemerintah Afghanistan suatu saat menginginkan pergi keluar dari kondisi kekacauan di negaranya dan mau berdiskusi dengan kaum militan yang menyebabkan kekerasan dalam bentuk apapun, kami merasa senang dengan itu,” kata Cannon pada Senin (9/3).

Ucapannya muncul sehari sesudah Presiden AS Barack Obama juga membuka diri dengan rencananya melakukan perbincangan dengan elemen moderat Taliban.

Para pejuang Taliban sudah bersatu di sepanjang batas antara Pakistan dan Afganistan setelah invasi yang dipimpin oleh AS pada akhir 2001 menumbangkan Taliban di Afganistan.

Sejumlah tentara Kanada saat ini sedang menjadi bagian Angkatan Perang Bantuan Keamanan Internasional (ISAF) yang dipimpin oleh AS dan NATO di Afganistan. Sedikitnya 112 orang tentara Kanada sudah tewas di Afganistan sejak awal misi pertempuran mereka pada 2002.

Meskipun ada lebih dari 70.000 orang tentara asing yang dipimpin oleh AS di Afganistan, perjuangan Taliban di negeri tersebut tak pernah padam dan selalu menguat. (Althaf/arrahmah)

Baca artikel lainnya...