Berita Dunia Islam Terdepan

Afghanistan Memprotes Kematian Warga Sipil

0 2

AFGHANISTAN (Arrahmah.com) – Ratusan warga Afghanistan melakukan protes terhadap operasi yang dipimpin oleh pasukan AS di wilayah konflik sebelah tenggara Afghanistan yang mengakibatkan tewasnya empat warga sipil.

Para demonstran marah dan melempari konvoi NATO yang melewati area tersebut. Dalam sebuah cuplikan televisi lokal, terlihat seorang laki-laki Afghanistan merintangi jalan yang dilewati kendaraan NATO yang dipimpin oleh AS ke dalam kota.

Para pemrotes marah karena pembunuhan penduduk sipil oleh angkatan perang AS Jumat (6/3) malam.

Deputi Provinsi Khost, Tahir Khan Sabari, membenarkan serangan tentara AS di desa Shegi yang menewaskan empat orang dan melukai beberapa orang lain.

Bagaimanapun militer AS mengatakan keempat orang yang dibunuh adalah pemberontak yang terkait dengan jaringan Haqqani, kelompok yang berasosiasi dengan Taliban.

Kenaikan jumlah korban tewas di tangan angkatan perang yang dipimpin AS sudah menciptakan keretakan hubungan antara Presiden Afghanistan Hamid Karzai dengan pendukungnya.

Karzai sudah berulang kali mengingatkan angkatan perang yang dipimpin AS di Afganistan mengenai kematian penduduk sipil dan sikap mereka (tentara AS) yang tak dapat diterima oleh publik terutama kultur masyarakat lokal. (Althaf/arrahmah)

Baca artikel lainnya...