Berita Dunia Islam Terdepan

Turki Menyiapkan Basis Militer Bagi AS

0 1

TURKI (Arrahmah.com) – Menteri Luar Negeri Turki Ali Babacan mengatakan negaranya siap menyediakan basis militer bagi AS yang akan melakukan penarikan terencana pasukannya dari Irak.

“Kami tidak mendapat permintaan yang pasti dari pihak AS, tetapi jika permintaan itu diajukan kepada kami, dengan senang hati kami akan mempertimbangkannya,” kata Babacan. Ia menambahkan bahwa pemerintah Turki mendukung AS.

Hal itu merupakan reaksinya terhadap laporan media yang mensinyalir bahwa Hillary Clinton akan meminta Turki menyediakan tempat transit bagi pasukan AS pada kunjungannya ke negara tersebut Sabtu (7/3) mendatang.

“Kami akan membicarakan secara jelas mengenai kuantitas dan jenis perlengkapan yang akan transit dan semua itu butuh waktu,” kata Babacan.

Saat ini terdapat kira-kira 142.000 orang tentara AS di Irak. Minggu lalu, Presiden AS Barack Obama mengumumkan semua angkatan perang pertempuran akan meninggalkan Irak pada pertengahan 2010.

Beberapa utusan masih perlu berada di Irak untu melatih angkatan perang lokal dan melindungi kepentingan AS sebelum penarikan tuntas akhir 2011. (Althaf/arrahmah)

Baca artikel lainnya...