Berita Dunia Islam Terdepan

ISAF Melintasi Rusia

0 0

MOSKOW (Arrahmah.com) – Rusia telah mengizinkan pelayaran pertama suplay non-militer pasukan AS ke Afghanistan melintasi wilayahnya.

Juru bicara kedutaan AS di Moskow mengatakan kapal mereka telah masuk ke Rusia dari Latvia melintasi beberapa negara untuk sampai ke Afghanistan.

“Barang-barang itu bukan barang-barang yang mematikan, seperti perlengkapan konstruksi”, ujarnya.

Aktivitas ini dilakukan dalam kerangka persetujuan yang dicapai tahun yang lalu antara Rusia dan NATO atas pengiriman kapal non militer bagi Angkatan Perang Bantuan Keamanan Internasional (ISAF) di Afganistan.

Washington akan mengirim 20-30 pelayaran kapal-kapal suplay setiap minggu ke Afganistan lewat Latvia, Rusia, Kazakhstan, dan Uzbekistan.

Kremlin mengatakan Afganistan adalah salah satu negara yang bersedia meningkatkan kerjasama dengan administrasi baru AS. Tetapi Rusia sendiri telah mengirimkan sinyal berbeda mengenai sejauh mana kesiapan negaranya untuk menolong Amerika Serikat di Afganistan.

Pentagon sedang dalam proses mengirimkan 17.000 tentara lagi kepada Afganistan, yang akan disebarkan di sepanjang batas Pakistan dan Afganistan.

Namun, serangan Taliban di rute Pakistan sebelumnya mendesak AS untuk mencari alternatif rute lain untuk menyampaikan barang-barang persediaan tersebut bagi tentara AS di Afghanistan.(Althaf/arrahmah)

Baca artikel lainnya...