Cisco Luncurkan Gateway All-in-One

0 19

JAKARTA – Baru-baru ini Cisco meluncurkan produk terbarunya yang menawarkan solusi nirkabel lengkap, yaitu Linksys by Cisco Wireless-G ADSL2+ Gateway (WAG54G2).

Produk ini merupakan gateway all-in-one yang merupakan kombinasi dari fungsi-fungsi yang biasanya dimiliki oleh beberapa perangkat secara terpisah.

Ia mencakup fungsi-fungsi modem ADSL2+, switch Ethernet empat port, Wireless-G access point, serta sebuah router, yang semuanya dipadukan dalam satu perangkat terintegrasi.

Bila Anda berlangganan layanan internet ADSL dari Telkom Speedy, Centrin, CBN, atau Radnet, Anda bisa mencolokkan kabel saluran telepon rumah (PSTN) ke gateway ini, dan langsung menyebarkannya secara nirkabel ke seluruh bagian rumah.

Pasalnya, di dalam WAG54G2 terdapat built-in wireless-G access point berteknologi WiFi 802.11g, yang bisa terhubung dengan 32 perangkat nirkabel ke dalam jaringan, dengan kecepatan transfer data maksimum 54 Mbps (megabit per detik).

Dengan demikian, anggota keluarga bisa berbagi pakai file antar perangkat dalam jaringan rumah, mencetak dokumen yang terhubung ke printer secara nirkabel, dan memungkinan untuk memonitor rumah dan keluarga melalui kamera IP wireless.

“Gateway baru ini menyediakan solusi yang mencakup semua kebutuhan yang paling penting untuk memasang jaringan nirkabel di rumah hanya dengan satu perangkat,” ujar  Boon Ping Tang, Sales Director Regional Asia, Cisco Consumer Business Group.

Tang mengatakan, WAG54G2 dibuat untuk mempermudah home networking dan membebaskan para pengguna rumahan dari kerumitan-kerumitan teknis saat memasang jaringan nirkabel.

Sebab, dalam perangkat gateway baru itu tersedia aplikasi Linksys EasyLink Advisor (LELA), yaitu pemandu yang bisa digunakan saat pemasangan dan memonitor jaringan di rumah.

LELA tak menggunakan istilah teknis sehingga memberikan kemampuan pengendalian jaringan secara sederhana kepada para konsumen.

 

Linksys WAG54G2 kini telah tersedia melalui distributor lokal dan VAR (Value-Added resellers), dengan kisaran harga ritel resmi sekitar US$79 atau sekitar Rp  887 ribu. (vivanews)

Baca artikel lainnya...

Leave A Reply

Your email address will not be published.