Berita Dunia Islam Terdepan

Jalur Gaza Akan Dibuka untuk Jamaah Haji Palestina

0 1

KAIRO (Arrahmah.com) – Mesir akan membuka pintu perbatasan ke daerah Gaza agar warga Palestina yang hendak melakukan ibadah haji dapat pergi ke Mekkah. Menurut laporan media Mesir akan membuka pintu itu hari Sabtu (29/11).

Gaza diblokade Israel selama sebulan terakhir karena pejuang Palestina menembakkan roket dari wilayah tersebut ke Israel. PBB dan lainnya telah berseru kepada Israel agar membuka pintu perbatasan supaya bantuan bisa masuk ke Gaza.

Kantor berita Prancis mengutip seorang pejabat Mesir mengatakan bahwa hanya jemaah haji yang diizinkan keluar dari Gaza menuju Arab Saudi. Sejauh ini ada tiga ribu warga Gaza yang hendak mengerjakan haji.

Dalam perkembangan terpisah, Israel menyatakan 6 anggota tentaranya luka-luka akibat roket yang ditembakkan dari Gaza. Menurut keterangan ada tiga roket yang ditembakkan melintasi perbatasan dan jatuh di sebuah basis militer di Israel selatan hari Jum’at.

Beberapa jam sebelumnya Palestina melaporkan tentang bentrokan antara pasukan Israel dan pejuang Palestina di sepanjang perbatasan Gaza, menyebabkan paling tidak seorang pejuang Palestina mengalami luka-luka.

Kekerasan meningkat meskipun ada gencatan senjata yang dicapai bulan Juni lalu. Israel membalas dengan memperketat blokade terhadap Gaza membuat sulit pasokan pangan, perbekalan, serta bantuan kemanusiaan lainnya mencapai ribuan penduduk Palestina di Gaza.(Hanin Mazaya/sabili)

Baca artikel lainnya...
Comments
Loading...