Berita Dunia Islam Terdepan

Jamaah (Sesat) An-Nazir Gelar Idul Adha Pada 1 Desember

0 7

GOWA (Arrahmah.com) – Jamaah An-Nazir di Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan, berencana akan melaksanakan sholat Idul Adha pada hari Senin, 1 Desember 2008.

Menurut Pimpinan An-Nazir, Ustad Lukman, kami yakin Idul Adha akan jatuh pada hari itu meskipun rencana tersebut belum diumumkan secara resmi.

“Estimasi kami sebelumnya, perpindahan bulan dari Zulqaedah ke Zulhijjah terjadi hari Kamis (27/11) kemarin, sehingga hari Jumat (28/11) ini sudah Zulhijjah. Tapi ternyata ada laporan yang mengatakan bulan belum berpindah, jadi kami hitung ulang,” katanya.

Sampai saat ini Ustad Lukman sudah menugaskan utusannya untuk selalu memantau air surut laut di Pantai Kalongkong, Desa Bonto Sunggu, Kecamatan Galesong Utara, Kabupaten Takalar, Sulsel.

Ia masih akan menunggu laporan kepastian pergeseran bulan sampai Jum’at malam pukul 23.00 Wita. Jika pada Jum’at malam belum ada tanda, maka pada Sabtu (29/11) siang Jamaah An-Nazir akan mulai secara resmi memantau pergerakan air laut di Kabupaten Takalar.

Berbeda dengan kaum muslim lainnya yang menggunakan metode hisab (perhitungan matematis astronomi) selain rukyah, jamaah An-Nasir melakukan pengamatan dengan melihat tingkat surut air laut.

Pada Idul Fitri lalu, Jamaah ini melaksanakan lebaran lebih cepat dua hari dari ketetapan pemerintah Indonesia, sementara Idul Adha mereka lebih cepat enam hari dari ketetapan pemerintah pada tanggal 8 Desember 2008. (Hanin Mazaya/warnaislam)

Baca artikel lainnya...
Comments
Loading...