Berita Dunia Islam Terdepan

Obama Akan Kirim 20 Ribu Tentara Tambahan ke Afghanistan

0 2

WASHINGTON (Arrahmah.com) – Presiden terpilih AS Barack Obama bersiap untuk mengirimkan setidaknya 20.000 tentara tambahan AS ke Afghanistan.

Niat Obama untuk mengalihkan fokus perang melawan terorisme ke Afghanistan ini diperkuat oleh persetujuan Robert Gates atas tawaran Obama untuk terus menjadi Menteri Pertahanan AS.

Gates sangat mendukung rencana pengiriman pasukan tambahan ke Afghanistan. Jumlah pasukan AS yang saat ini ditempatkan di Afghanistan adalah 32.000 personel.

Dikatakan Gates, pengiriman tambahan pasukan AS sangat diperlukan seiring akan digelarnya pemilihan presiden Afghanistan pada September 2009 mendatang dan proses registrasi pemilih yang dimulai pada Tahun Baru 2009.

“Sasaran paling penting bagi kami untuk 2009 di Afghanistan adalah pemilihan yang sukses,” kata Gates seperti dilansir harian The Telegraph, Kamis (27/11).

“Salah satu hal yang kami bicarakan adalah upaya menambah sebanyak mungkin pasukan sebelum pemilihan, guna mengupayakan dan menciptakan lingkungan yang aman untuk pemilihan itu,” tandas Gates.

Menurut seorang pejabat Pentagon, angka final pasukan yang akan dikirimkan ke Afghanistan kemungkinan 20.000 personel.

“Presiden terpilih telah mengindikasikan dirinya ingin menempatkan pasukan tambahan di Afghanistan,” kata pejabat yang enggan disebutkan jati dirinya.

Obama telah menyatakan akan mulai menarik pasukan AS dari Irak secepatnya setelah dirinya dilantik pada 20 Januari 2009. Untuk kemudian meningkatkan upaya memberantas Taliban dan al-Qaeda di Afghanistan dengan mengirimkan pasukan tambahan. (Hanin Mazaya/detiknews).

Baca artikel lainnya...
Comments
Loading...