Berita Dunia Islam Terdepan

Komputer Bakal Mampu Merakit Diri Sendiri

0 4

LONDON -Kepintaran manusia tak ada batasnya. Hal itu dibuktikan dengan penelitian terbaru dari beberapa fisikawan Eropa yang mengembangkan sebuah sirkuit komputer dengan kemampuan menyusun diri secara swadaya.

Inilah perkembangan di bidang teknologi yang bisa membawa perubahan menuju komputer yang otomatis merakit sendiri.

Dalam penelitian fenomenal terbaru ini tim peneliti mengembangkan sebuah molekul organik panjang dengan elektron mobile yang disebut quinquethiophene yang bertindak seperti semikonduktor. Quinquethiophene dipasangkan di rangkaian karbon panjang dengan sekelompok silikon yang bertindak sebagai pengikat karbon.

Langkah terakhir penciptaan molekul terbaru ini adalah merendam papan sirkuit yang sudah jadi ke dalam elektroda pracetak. Penyusunan elemen ini mengubah susunan dasar chip komputer pada umumnya yang terdiri dari sketsa beberapa pola menggunakan kombinasi cahaya dan formula kimiawi fotosensitif.

Dari penelitian ini didapatkan hasil bahwa molekul-molekul tersebut tersambung ke lapisan pembatas antara elektroda satu dengan elektroda lainnya.

“Kode genetik yang kami ciptakan ini menyediakan seperangkat instruksi yang menciptakan senyawa yang mampu menyusun sirkuitnya secara mandiri,” papar peneliti dari Philips Research Laboratories in Eindhoven, Dago De Leeuw seperti dilansir dari Big News Network, Jumat (17/10/2008).

“Contoh yang paling mudah dari penelitian kami ini adalah DNA,” imbuh De Leeuw.

Sebagai sesama peneliti, seorang ahli teknik mesin dari Max Planck Institute for Solid State Research di Stuttgart, Jerman, Hagen Klauk mengakui bahwa teknik terbaru ini sangat mengesankan walaupun masih banyak kekurangan.

“Teknik self-assembly dan nanoteknologi ini sangat bagus, namun masih kurang dalam hal performa. Selain itu, pergerakan elektron melewati sirkuit bisa membuat jalan komputer menjadi lambat,” ujar Klauk.

Untuk selanjutnya Klauk menggantungkan harapan besar bagi kelanjutan penelitian ini sehingga bisa memperbaiki karakterisirik molekul dan meningkatkan teknik tersebut sehingga pada akhirnya bisa benar-benar tercapai sirkuit komputer yang merakit secara mandiri. (okz)

 

Baca artikel lainnya...
Comments
Loading...