Internet Tingkatkan Kinerja Otak Usia Senja

0 10

CHICAGO – Kemampuan otak manusia, khususnya pada orang usia senja semakin lama semakin menurun. Kondisi tersebut dapat dilihat dari penurunan daya ingat memori.

Namun, para peneliti dari University of California Los Angeles (UCLA) berhasil menemukan cara agar kemampuan otak orang lanjut usia dapat terus bekerja dengan baik.

Seperti dilansir Reuters, Rabu (15/10), Penelitian yang dilakukan terhadap 24 orang berusia 55 hingga 76 tahun, menunjukkan berselancar di dunia maya dapat menstabilkan kinerja sistem saraf di otak. 50 persen dari jumlah itu merupakan orang yang memiliki pengalaman bermain internet. Para Peneliti menggunakan Functional Magnetic Resonance Imaging Scan untuk mengetahui gambaran kinerja otak saat para objek penelitian bermain internet.

“Apa yang kami lihat adalah otak orang yang sering berselancar di dunia maya bekerja lebih, dan itu memungkinkan otak untuk tetap aktif dan sehat,” kata peneliti UCLA Dr Gary Small.

Menurut Small, studi-studi yang dilakukan sebelumnya memang telah membuktikan setiap permainan yang membutuhkan tantangan seperti Puzzle dapat membantu kinerja fungsi otak, tapi belum ada penelitian yang membuktikan jika internet mampu melakukan hal yang serupa.

“Penelitian ini adalah penelitian pertama yang mensimulasikan kinerja otak saat bermain internet,” kata Small. (okz)

 

Baca artikel lainnya...

Leave A Reply

Your email address will not be published.