2014, GPS Gantikan Peta

0 24

AMERIKA SERIKAT – Perkembangan GPS diprediksi akan semakin meningkat. Bahkan ketergantungan manusia pada peta akan tergantikan dengan GPS.

Hasil riset terbaru melaporkan bahwa penggunaan GPS oleh pengguna ponsel akan semakin banyak nantinya. Fakta ini didasari pada data yang menyebutkan, sebanyak 16 juta pengguna ponsel telah mendonwload GPS di ponsel mereka. Diramalkan pada tahun 2014 nanti pengguna peta elektronik ini akan mencapai angka 70 juta pengguna naik 27,9 persen dari sebelumnya.

Banyaknya pengunduh GPS tersebut tentu akan berimbas pada keuntungan perusahaan penyedia perangkat ini, dari yang semula 117 Juta euro pada tahun 2008, akan meningkat 22,4 persen, sebesar 597 juta Euro pada tahun 2014.

Seperti yang diberitakan Evunet, Jumat (10/10), pengangkatan pertumbuhan ini tentu tidak lepas dari teknologi GPS di smartphone dan penyediaan aplikasi navigasi tersebut di perlengkapan ponsel lainnya.

Pemakaian GPS di ponsel pertama kali diperkenalkan pada tahun 2007 di Eropa. Model-model penggunaan GPS di ponsel dimotori oleh Nokia.

Sementara itu pasar Amerika Serikat akan melanjutkan keberhasilan mereka agar dapat meningkatkan level pengguna ponsel navigasi yang telah menyentuh angka 6 juta pengguna. Mereka pun telah mengantisipasi dengan menyediakan GPS di operator GSM.

“Industri ponsel telah mulai mengambil keuntungan dari teknologi GPS ini. Bagaimanapun, pengguna ponsel navigasi harus terus memperbaharui GPS mereka di ponsel,” imbuh Andre Malm, analisis telekomunikasi. (srn/okz)

 

Baca artikel lainnya...

Leave A Reply

Your email address will not be published.