Berita Dunia Islam Terdepan

Data Ponsel Tidak Bisa Dihapus Sepenuhnya

0 5

MELBOURNE – Pengguna ponsel kebanyakan menganggap jika data penting di dalam ponsel dapat terhapus sepenuhnya. Padahal pendapat tersebut salah sama sekali.

Setiap tahun ada jutaan ponsel yang hilang atau dibuang dengan beragam informasi pribadi di dalamnya. Meskipun sudah terbuang, sebuah studi melaporkan bahwa dalam ponsel tidak sepenuhnya dapat terhapus. Hal inilah yang dapat menjadi bumerang jika disalahgunakan oleh pihak yang tak bertanggung.

Laporan studi itu didapat dari penelusuran uji coba yang dilakukan British Telecom, Glamorgan University, Australia’s Edith Cowan University dan Sim Lifecycle Services.

Sekumpulan peneliti itu menemukan bahwa data-data yang tersimpan di dalam ponsel tidak bisa dihapus sepenuhnya. Hal itu dikarenakan ponsel tidak seperti Personal Computers (PC) yang berarsitektur terbuka. Sebaliknya, ponsel layaknya sebuah buku tertutup dengan macam-macam data di dalamnya.

“Sudah dari lama masalah pembersihan data dari ponsel ini dibicarakan dengan pihak Nokia,” papar direktur dari Sims Lifecycle Services Jon Godfrey seperti dilansir dari Big News Network, Selasa (7/10).

Sungguh ironis sebenarnya karena di tengah industri ponsel yang berlomba-lomba meluncurkan perangkat telekomunikasi dengan kapasitas memori yang besar, masalah keamanan penyimpanan data belum dijamin sepenuhnya oleh vendor bersangkutan. Padahal dari penelitian ini ditemukan masih banyak pengguna handset yang menganggap remeh seberapa berharga data yang tersimpan di handset mereka.

“Sampai saat ini belum ada alat khusus yang sepenuhnya bisa membersihkan ponsel dari data. Maka dari itu, penting kiranya bagi tiap-tiap pengguna untuk melindungi data mereka sendiri,” jelas seorang professor dari departemen forensik komputer Glamorgan University Andrew Blyth. (okz)

 

Baca artikel lainnya...
Comments
Loading...