Berita Dunia Islam Terdepan

AS : Taliban Bisa Dikalahkan ?

0 5

KABUL (Arrahmah.com) – Komandan Militer Inggris dan Duta Besarnya di Afghanistan tengah diliputi rasa cemas dan berpikir perang melawan Taliban tidak akan mereka menangkan.  Sekretaris pertahanan AS, Robert Gates, telah meminta Washington untuk mengirim lebih banyak pasukan ke Afghanistan.

Brigadir Mark Carleton Smith berkata bahwa peperangan tidak mungkin dimenangkan dan rencana menyusutkan konflik dengan strategi apapun dengan angkatan perang Afghan merupakan sesuatu yang sia-sia.  Duta Besar Inggris, Sherard Cowper Coles melihat “kediktatoran” merupakan solusi terbaik.  Dengan mengirimkan gelombang pasukan yang banyak hanya menciptakan lebih banyak target untuk Taliban.  Komentar-komentar mereka telah terdengar oleh pejabat-pejabat atas di Kabul, Kai Eide, dengan merespon, kesuksesan masih mungkin diraih dengan melakukan dialog dan usaha-usaha politis.

Keamanan, bagaimanapun telah kian memburuk di dalam negeri sejak dua tahun silam.  “Di sana pasti tidak ada alasan untuk orang yang telah diliputi harapan akan kalah, mempunyai peluang berhasil pada akhirnya,” ujar Gates dalam perjalanannya menuju Eropa, seperti yang dilansir The independent.

Solusi terbaik menurut Gates adalah melakukan perundingan damai dengan Taliban dan menempatkan pejuang-pejuang Taliban dalam pemerintahan Afghanistan.

Namun para mujahidin Taliban tidak akan menjual keimanan mereka dengan kekuasaan, sudah berkali-kali mereka menolak perundingan damai, kecuali jika semua pasukan kafir keluar dari Afghanistan dan seluruh negeri yang dijajah.

Sementara itu, juru bicara Taliban, Qari Muhammad Yusuf, menyangkal sebuah berita yang melaporkan bahwa negosiasi telah dilangsungkan antara Taliban dan Pemerintah Afghan di Saudi Arabia. (Hanin Mazaya/Arrahmah.com)

Baca artikel lainnya...
Comments
Loading...