Laptop Akan Bisa Sepanas Matahari?

0 5

WASHINGTON – Laptop disinyalir bisa berbahaya. Hal itu berkaitan dengan semakin cepatnya kecepatan sebuah laptop dalam bekerja, maka semakin panas pula laptop tersebut. Pernyataan ini dikeluarkan dari mulut para peneliti yang peduli dengan perkembangan laptop akhir-akhir ini.

“Laptop semakin hari semakin panas sehingga tidak pantas lagi ditaruh di pangkuan ketika digunakan,? papar asisten profesor dari University of Virginia School of Engineering and Applied Science Avik Ghosh seperti dikutip dari World News, Minggu (5/10).

“Diprediksikan dari hasil penelitian kami, perangkat elektronik ini akan bisa sepanas matahari pada sepuluh hingga 20 tahun mendatang,? tambah Ghosh.

Untunglah para peneliti jenius tersebut tak tinggal diam melihat fakta mengerikan dari laptop tersebut. Mereka kini sedang mengusahakan untuk mengatasi masalah kelebihan panas laptop dengan menggunkan nanoelektronik yang diharapkan bisa menjadi sumber tenaga untuk komputer generasi mendatang.

Penelitian untuk memecahkan masalah panas di laptop diawali dengan menelaah ulang hukum thermodinamik yang mengatakan bahwa energi panas akan mengalir dari tempat yang lebih panas ke tempat yang lebih dingin, yang dalam kasus ini energi panas berpindah antara komponen elektronik, hingga mencapai temperatur yang sama. Proses transfer ini disebut thermal equilibrium. Duo peneliti Ghosh dan Stan bertujuan untuk memecahkan teka-teki transfer energi panas ini yang seringkali disebut juga Maxwell?s Demon.

Istilah Maxwell?s Demon dipopulerkan oleh seorang fisikawan asal Skotlandia bernama James Clerk Maxwell pada tahun 1871. Maxwell mengutarakan bahwa alur enegi dari tempat yang lebih panas ke tempat yang lebih dingin bisa dikacaukan bila menyisipkan suatu cara tertentu diantara dua unit yang bersangkutan.

Maxwell?s Demon juga berteori bahwa sebuah komponen akan mengambil panas dari tempat yang bekerja dengan temperatur lebih rendah. Keadaan tersebut bisa berlangsung jika tingkat kekacauan alami, atau populer dengan istilah entropi, bisa direduksi. Itulah sebenarnya ?setan? yang ada dalam teori Maxwell?s Demon.

“Teknik perangkat listrik pada dasarnya beroperasi dengan thermal equilibrium. Namun sebenarnya alam sudah lebih dulu mengoperasikan thermal equilibrium ini, terbukti dari sel-sel klorofil yang bisa mengkonversi photon menjadi energi dengan proses berefisiensi tinggi untuk mengacaukan thermodinamik konvensional,” papar Ghosh.

Kita tunggu saja kelanjutan penelitian ini. (ahm)

 

Baca artikel lainnya...

Leave A Reply

Your email address will not be published.