Dua Heli Black Hawk AS Jatuh di Baghdad

0 14

BAGHDAD (Arrahmah.com) – Dua helikopter Black Hawk AS jatuh ketika berupaya mendarat di sebuah pos tempur terdepan di Baghdad utara Sabtu (4/10), militer AS mengatakan.

Satu tentara Irak tewas dan dua tentara kafir Amerika serta dua tentara Irak terluka, kata jurubicara militer Amerika Letnan Patrick Evans kepada AFP.

“Dua Black Hawk UH-60 itu jatuh ketika mendarat di Combat Outpost Ford di distrik Adhamiya di Baghdad utara sekitar pukul 20.55 waktu Baghdad sore ini (pukul 00.55 WIB),” katanya.

“Situasinya telah dikuasai. Pelayanan keadaan darurat telah berada di tempat kejadian. Belum diketahui berapa banyak orang yang naik pesawat itu pada waktu insiden tersebut. Tembakan musuh tidak diduga pada waktu ini.”

Seorang kamerawan televisi di distrik Sha`ab di Baghdad utara, dekat Adhamiya, mengatakan ia melihat dua helikopter berputar di atas. Mesin satu dari kedua pesawat itu telah membuat suara bergedebuk seperti kehilangan ketinggian dan jatuh.

Jurufoto itu mengatakan ia mendengar satu ledakan setelah tabrakan itu, diikuti dengan suara tembakan.

Polisi Irak memastikan kecelakaan itu. Mereka tidak memberikan rincian lagi, tapi mengatakan bentrokan meletus antara pasukan keamanan Irak dan sejumlah pria bersenjata dekat tempat jatuhnya pesawat.

Insiden itu merupakan kecelakaan helikopter militer AS terbesar kedua di Irak dalam beberapa pekan. Bulan lalu, tujuh tentara AS tewas ketika sebuah helikopter pengangkut jatuh di Irak selatan dalam insiden yang militer persalahkan pada kegagalan mekanik.

Militer AS mengatakan kekerasan di Irak berada di titik terendahnya sejak 2004. (Hanin Mazaya/ant)

 

Baca artikel lainnya...

Leave A Reply

Your email address will not be published.