Berita Dunia Islam Terdepan

Qualcomm Dukung G1 Android

0 5

JAKARTA – Chipset Qualcomm akan mendukung telepon selular yang didukung Android pertama di dunia, dikenal sebagai T-Mobile G1 yang diproduksi oleh HTC.

Dengan mengintegrasikan kemampuan chipset hardware dan software dengan Android, Qualcomm memegang peranan penting dalam memperkenalkan handset Android pertama di dunia ke industri. Qualcomm sendiri merupakan perusahaan pengembang dan inovator teknologi nirkabel dan solusi data terkemuka dunia sekaligus salah satu anggota pendiri Open Handset Alliance (OHA.

“Peluncuran T-Mobile G1 merupakan sebuah terobosan bagi platform aplikasi bergerak terbuka berbasis Linux. Kemampuan Qualcomm untuk memperkokoh integrasi antara chipset hardware dan software telah membantu merealisasikan platform Android.� Kedekatan kami dengan T-Mobile, HTC and anggota OHA lainnya sangat penting dalam mencapai tonggak bersejarah ini, dan akan memungkinkan kami memperkenalkan produk lebih cepat ke pasaran sekaligus memacu inovasi berkelanjutan untuk aplikasi dan layanan mobile,” kata Paul Jacobs, chief executive officer, Qualcomm, melalui keterangan resminya.

Sebagai bagian dari kerjasama dengan OHA, Qualcomm telah mengoptimalkan software Android dengan mengintegrasikan MSM7201A dari Qualcomm, sebuah solusi chip tunggal dual-core yang menggabungkan kemampuan kecepatan pemrosesan data, hardware-accelerated multimedia, 3D graphics dan built-in, koneksi mobile broadband multi-mode 3G untuk memperoleh pengalaman nirkabel yang optimal. Dengan seluruh kemampuan yang telah dikembangkan ini, T-Mobile G1 mampu memperkaya pengalaman pengguna sekaligus mendukung aplikasi yang memungkinkan orang menjadikan telepon lebih dari sekedar kepribadian dan gaya hidup.

Layanan GPS berbasis lokasi akan meningkatkan Google’s StreetView dan Google Maps pada perangkat bergerak, dan fungsi playback serta video streaming yang berkualitas tinggi mendukung layanan seperti YouTube. Kamera 3 mega piksel mampu membaca barcode untuk aplikasi yang menampilkan perbandingan harga jual, mencari kajian dan menyimpan daftar belanja.

Qualcomm bekerja sama dengan HTC dalam hal desain dan pengembangan perangkat berbasis Android pertama ini. Qualcomm juga bekerja sama dengan OEM lain untuk mengembangkan handset berplatform Android serta berupaya memperluas ekosistem nirkabel untuk memenuhi tuntutan populasi yang memiliki mobilitas tinggi yang terus berkembang. (okz)

 

Baca artikel lainnya...
Comments
Loading...